Pages

Rabu, 09 Januari 2013

CHRYSANTHEMUM

http://atikofianti.files.wordpress.com/2010/04/chrysanthemum.jpg?w=244&h=300
chrysanthemum
Bunga Chrysanthemum (krisan/seruni)
Chrysanthemum adalah bunga yang biasa ditemukan di Asia dan Eropa. Bunga ini memiliki 30 spesies dan biasa dikenal (di Indonesia) dengan nama bunga Seruni. Yang unik dari bunga chrysanthemum adalah ternyata bunga ini memiliki legenda tersendiri untuk beberapa negara.
Legenda Cina
Putra tertua kaisar mendengar tentang tumbuhan ajaib yang bisa membuat tubuh jadi awet muda. Tanaman ini hanya tumbuh di pulau Naga dan hanya bisa diambil oleh orang muda/anak2. Sang putra mahkota pun akhirnya mengirim 24 anak2 ke pulau tersebut. Tapi saat anak2 itu tiba di sana, mereka tak menemukan apa2, tak ada tanda apapun tentang tanaman ajaib, yang ada hanya the golden chrysanthemum. Kini, tanaman tersebut jadi simbol dari masyarakat Cina sebagai simbol pemersatu.
Legenda Jepang
Cerita dari legenda Jepang adalah seputar Dewa Izanagi dan Dewi Iznami. Dewi Iznami dikirim ke planet bumi dengan menyebrangi jembatan yang berupa awan karena di surga sudah terlalu banyak dewa. Saat Iznami tiba di bumi, sang Dewi menciptakan dewa angin, dewa gunung dan dewa laut. Tapi saat menciptakan dewa api, Iznami terluka terkena kobaran api.
Dewa Izanagi, yang merindukan kehadiran Iznami lalu menyusul ke bumi. Ia pergi ke suatu tempat yang disebut “Black Night” karena konon ditempat itu Iznami berada. Tapi saat Izanagi melihat Iznami, ia malah dikejar oleh penyihir tua.
Izanagi akhirnya memutuskan untuk membersihkan diri di sungai. Baju yang ia gunakan, yang ia lempar ke tanah berubah menjadi 12 dewa, perhiasannya berubah menjadi bunga. Gelangnya berubah menjadi bunga Iris, gelang kedua menjadi bunga lotus, sementara kalungnya berubah menjadi golden chrysanthemum.
Di Yunani, “krus anthemom” artinya adalah bunga dewa. Di Inggris, chrysanthemumdikenal sebagai “mums”. Beberapa Negara seperti Malta menyakini bunga ini membawa kesialan jika ditaruh di depan rumah. Sementara di Jerman, orang2 berburu bunga ini (khususnya yang berwarna putih) untuk di simpan di rumah mereka dalam rangka menyambut natal.
Cina dan Jepang, menjadikan bunga ini sebagai bunga favorit mereka, karena keunikannya. Di Jepang, bahkan festival bunga khusus diadakan tiap tahunnya, danchrysanthemum wajib ada.
Secara umum simbol dari chrysanthemum adalah kecantikan, kemurnian, atau : “kau adalah teman yang menyenangkan”. Sementara untuk masing2 warna, artinya adalah :
Red : Love
White : Honesty, truth
Yellow : care, happy, optimist
Sumber : http://www.bunganusantara.com/blog/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Images by Freepik