Pages

Rabu, 09 Januari 2013

BUNGA IRIS

Sumber : http://www.bunganusantara.com/blog/Bung Iris
iris
Bunga iris banyak dibudidayakan di berbagai belahan bumi di seluruh dunia. Dalam bahasa inggris bunga ini termasuk bunga “perennial” yang artinya salah-satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun. Salah satu keistimewaan bunga Iris adalah bisa  tumbuh di darat maupun di air.
Bentuk bunga Iris cukup unik dengan warna yang bervariasi seperti warna biru, putih, biru keunguan, pink, ungu kecoklatan, kuning dan orange.  Bahkan ada yang berwarna hitam, tapi tak ada yang benar-benar berwarna merah asli. Bunga ini memerlukan cahaya matahari yang banyak. ‘Bearded iris’ adalah jenis bunga iris yang paling banyak ditemui, kenapa disebut bearded, karena menyerupai jenggot2 kecil.
Minyak dari jenis tumbuhan iris sering ini digunakan sebagai aroma-terapi dan parfum.
Iris dalam bahasa Yunani artinya pelangi. Karena Valentine’s day jatuh pada bulan Februari maka dari itu bulan kedua tersebut dianggap sebagai bulan asmara dan bunga iris dianggap sebagian orang sebagai bunga yang cocok untuk mewakili perasaan. Bunga iris juga sering digunakan sebagai bunga perhiasan dan sebagai bunga yang cocok untuk diberikan pada hari jadi atau hari ulang tahun pernikahan yang ke 25.
Keindahan bunga Iris memotivasi pelukis terkenal dunia Vincent van Gogh untuk melukis bunga2 tersebut dan  memberi nama lukisannya dengan  nama “Bunga-bunga Iris“. Lukisan ini, ia lukis saat berada di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, Perancis pada tahun 1890, yaitu di masa-masa akhir hidupnya.
iris flower
Lukisan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh lukisan kayu Jepang, seperti kebanyakan karyanya yang lain. Ia menyebut lukisan tersebut “konduktor petir untuk penyakitku” karena ia merasa dapat mencegahnya dari kegilaan dengan tetap meneruskan melukis. Van Gogh menganggap lukisan ini sebagai sebuah lukisan persiapan (sketsa atau lukisan dasar dengan garis-garis bayang yang dipersiapkan sang pelukis untuk mencoba-coba mencari bentuk gambar yang hendak ia lukis kemudian).
Saudaranya Theo mendaftarkannya ke pameran bernama salon des independants pada bulan September 1889. Ia lalu menulis pesan kepada Vincent mengenai Bunga-bunga Iris: “Lukisan tersebut menjadi perhatian dari jauh. Bunga-bunga Iris adalah lukisan yang cantik, penuh dengan perasaan dan kehidupan.”
Pemilik pertamanya adalah Octave Merbeau, seorang kritikus seni Perancis, yang menjadi salah satu pendukung pertama Van Gogh. Tahun 1987 lukisan tersebut menjadi lukisan yang termahal yang pernah dijual (walaupun rekor tersebut kemudian dilewati). Kini pemilik lukisan tersebut adalah Museum Getty di Los Angeles.
Secara umum, simbol dari bunga Iris adalah : ~ kepercayaan, harapan, kesetiaan, kebijaksanaan, kesejahteraan dan persahabatan.

1 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali tentang Bunga ini sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus

 
Images by Freepik